Thursday, May 23, 2019

Keunggulan Mengisi Ban Menggunakan Nitrogen


Keunggulan-Mengisi-Ban-Menggunakan-Nitrogen


Bikerjadoel.com - Apa manfaat menggunakan angin nitrogen pada ban kendaraan? Saat ini banyak sekali kita jumpai SPBU atau bengkel tambal ban yang menawarkan layanan jasa pengisian ban menggunakan nitrogen, ya walaupun sudah banyak dijumpai tetapi pada kenyataannya banyak pula orang yang tidak tahu apa itu angin nitrogen dan apa pula manfaatnya bagi ban kendaraan kita. Bahkan banyak pabrikan mobil yang menyarankan kepada  pengguna kendaraan roda empat untuk menggunakan nitrogen dibandingkan dengan angin biasa.

Manfaat pengisian angin nitrogen

Memang seperti yang saya katakan tadi banyak SPBU dan bengkel di tepi jalan yang menyediakan layanan pengisian angin pada ban kendaraan kita  menggunakan  angin jenis nitrogen. Lalu, apa manfaat atau kelebihan apa yang bisa didapat dengan menggunakan  angin nitrogen ini? Mari kita simak ulasan berikut ini

Menjadi hemat bahan bakar
Sobat pasti bingung ya.. apa hubungan antara pengisian nitrogen di ban dan bahan bakar? Nitrogen adalah pengisi yang memiliki partikel gas lebih besar dari oksigen. Nitrogen akan membuat cengkeraman ban lebih stabil dan tapak ban menjadi lebih sempurna di permukaan jalan. Ini akan membuat kedaraan kita lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar hingga mencapai 3,3 persen.

Ban tidak mudah kempes dan mengurangi terjadi kebocoran
Nitrogen ini memiliki partikel lebih besar dari oksigen untuk memenuhi ban. Dengan partikel yang lebih besar, tekanan pada ban tidak akan mudah mengempis. Jadi ini akan membuat nitrogen lebih sulit untuk keluar dari pori-pori ban.
Selain itu, nitrogen memiliki sifat dingin. Tidak seperti udara biasa yang mudah mengembang ketika suhu meningkat. Saat menggunakan nitrogen, Anda tidak akan mengalami ban meletus ketika motor terjemur matahari.


Nitrogen lebih murah daripada oksigen atau angin biasa.
Sebelumnya dijelaskan bahwa nitrogen ini akan lebih tahan lama di ban kendaraan, sehingga hal ini akan membuat kita tidak  sering mengisi angin karena ban sering kempes.

Membuat komponen ban kami lebih tahan lama dan terlindungi
Nitrogen ini adalah gas kering yang memiliki sifat mencegah oksidasi atau korosi yang dapat terjadi pada velg kendaraan kita. Selain velg, komponen lainnya yang membentuk ban kendaraan akan bertahan lebih lama jika mengisinya dengan nitrogen. Hal ini terjadi karena nihilnya unsur air yang dapat menyebabkan kelembapan pada ban.

Mampu mengurangi risiko pembentukan karat.
Nitrogen memiliki sifat non-korosif sehingga dapat mengurangi oksidasi (pembekuan) dan pembentukan oksida. Selain itu, ketika mengisi dengan nitrogen, suhu di dalam ban akan lebih stabil untuk menghindari risiko ledakan di ban karena terlalu panas.

Membuat ban terasa lebih halus saat mengemudi
Nitrogen ini bersifat menjaga elastisitas ban, yang akan membuat ban lebih halus saat berkendara.

Menjadikan kendaraan lebih nyaman saat berkendara.
Karena efek nitrogen dapat menjaga elastisitas ban ini, dan nitrogen akan membantu membuat ban terasa lebih halus, ini akan membuat kendaraan kita lebih aman untuk dikendarai.

Membuat tarikan lebih ringan
Molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah mengisi ruang membuat bentuk ban dalam keadaan maksimal. Nitrogen menawarkan fungsi pengisian daya yang lebih sempurna. Meski bentuknya sempurna, tetapi bannya tidak keras, tarikannya akan lebih ringan.

Itulah beberapa manfaat dan  keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita mengisi ban dengan  menggunakan angina nitrogen. Bagaimana Anda tertarik mencobanya?
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat bikers semua… salam otomotif…

0 comments:

Post a Comment