Tuesday, March 19, 2019

Waspadai Gejala Rantai Motor Anda Sudah Aus

Rantai-Motor

bikerjadoel.com - Rantai pada sepeda motor adalah salah satu komponen vital. Tugasnya adalah menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang melalui roda gigi yang biasa kita disebut gir. Nah, jika rantai putus, daya ke roda atau sepeda motor tidak akan berfungsi. Karena itu, disarankan untuk memeriksa kondisi rantai dan roda gigi/ gir setiap 500 km atau saat melakukan servis.

Mengapa rantai dan roda gigi cepat aus?
Kuncinya adalah bahwa ada tidak  keselarasan antara rantai dan roda gigi. Bisa terlalu kencang dan posisi gir yang miring, sehingga bagian dalam dari rantai termakan. Jika terlalu longgar itu juga tidak baik,karena ujung gigi gir juga bisa sehingga rantai dapat terlepas dari gigi.

Tanda-tanda kondisi rantai dan gigi tidak baik?
Gejala yang umum adalah  ada getaran yang kuat dan disertai suara yang terlalu bising pada rantai. Walaupun sudah diatur berulang kali, sehingga rantai melar melampaui standar toleransi yang ditetapkan. Akibatnya , hal ini dapat dengan cepat mengikis roda gigi, sambungan rantai dan bantalan.

Harap dicatat, dalam rantai ada koneksi. Nah, pengikat memiliki model cincin-O dan cincin-X yang diapit antara pin tautan dan pelat tautan rol. Fungsi lainnya, untuk mencegah kotoran masuk.
Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?
Untuk menjaga kondisi rantai dan gigi tetap stabil, periksa setiap 500 km. Lumasi dengan rajin dengan cairan khusus rantai. Jika Anda menggunakan pelumas (baru atau bekas) akan mengundang kotoran. Saat melumasi, gunakan selang kecil khusus. Atau gunakan alat khusus yang mirip teko.


Idealnya rantai dan roda gigi dikontrol setiap  seminggu sekali, atau maksimum 500 km. Hindari menggunakan roda aluminium untuk harian, selain pabrikan yang tidak disarankan juga mubazir tidak ada keunggulan kinerja karena gigi aluminium hanya untuk motor kompetitif

0 comments:

Post a Comment