Monday, March 18, 2019

Cara Mudah Perpanjang SIM Secara Online

Cara-Mudah-Perpanjang-SIM-Secara-Online


Haloo, sobat bikers! Pasti sudah pada tahu kan kalau kita sekarang bisa memperpanjang SIM Motor secara online. Dengan perkembangan teknologi saat ini  database pemilik SIM di Indonesia sudah terkoneksi melalui internet, sehingga bisa diakses dari mana saja.

Fasilitas ini tentu akan sangat memudahkan buat kalian para bikers pemilik SIM yang terdaftar sesuai dengan E-KTP.  Untuk para bikers yang berada di perantauan saat SIM habis masa berlaku sobat tidak perlu lagi pulang kampung hanya untuk mengurus perpanjangan SIM.

Dengan adanya Sistem pembuatan dan perpanjangan SIM secara online ini dapat menghindari penerbitan SIM secara ganda.
Nah pada kesempatan kali ini, bikerjadoel.com bakalan membahas step by step gimana caranya memperpanjang SIM secara online buat sobat bikers semua.

Sebelumnya  harap dicatat dulu ya, sob, perpanjangan SIM memlaui online ini bisa sobat lakukan mulai 14 hari atau dua minggu sebelum masa berlaku SIM kalian habis.

Dan untuk batas akhir perpanjangan SIM adalah tiga bulan setelah masa berlaku SIM habis. Jika  melewati batas waktu tersebut, berarti sobat harus membuat SIM baru.

Nah untukmemulainya sekarang, silahkan sobat bikers coba buka situs reminya  http://sim.korlantas.polri.go.id/

1. Pilih Menu Pendaftaran SIM Online

Selanjutnya pada layar monitor sobat akan muncul tampilan formulir permohonan pendaftaran online. Silahkan sobat isi semua sesuai dengan pertanyaan yang ada ya sob.

Kemudian  akan muncul form isian data diri anda seperti, nama, data keadaan darurat, nomor KTP dan lain-lain. Dan jika yang memohon SIM adalah WNA maka akan muncul tambahan isian seperti nomor Paspor, nomor Kitas, tanggal terbit Paspor, dan tanggal terbit Kitas. Wahh ..cukup banyak juga yang harus diisi, jadi akan sedikit memakan waktu kalian. He.hee.

Setelah semua data diisi lengkap dan telah dinyatakan valid, langsung saja sobat tekan tombol lanjut. Lalu  masukkan kode verifikasi yang dikirimkan kepada kalian untuk memastikan bahwa yang mengisi data-data tersebut  adalah benar-benar kalian, bukan orang lain. Segera cek e-mail untuk memastikan apakah bukti registrasi online sudah diterima.

2. Membayar Biaya Perpanjangan SIM

Setelah sobat menerima email bukti registrasi selanjutnya sobat perlu membayar sejumlah biaya yang di perlukan via Bank bri. Sobat bikers bisa melakukan pembayaran melalui atm ataupun setor tunai melalui bank ataupun bisa juga sobat menggunakan fasilitas e-bangking.

3. Periksakan Kesehatan Mata
Sebelum waktu kedatangan yang disepakati, kalian harus memeriksakan kesehatan mata terlebih dahulu, sob. Kalian bisa memeriksakan mata di puskesmas setempat atau kunjungi rekomendasi dokter dari Polri untuk melakukan tes buta warna.

4. Kunjungi Satpas atau Gerai SIM Keliling
Setelah hari kedatangan yang disepakati tiba, segera kunjungi Satpas atau gerai SIM Keliling yang telah kalian pilih saat registrasi online. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang diperlukan seperti form pengajuan perpanjangan SIM online, KTP asli, SIM lama, Surat Keterangan Lulus Uji Keterampilan Simulator, Surat Keterangan Kesehatan Mata, bukti pembayaran yang sudah tercetak.

5. Pengambilan SIM

Setelah pihak kepolisian akan mengecek seluruh dokumen yang sobat berikan dan melakukan proses identifikasi dan verifikasi melalui pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

Setelah semua proses di atas sudah sobat lalui. Sobat bikers tinggal menunggu  panggilan untuk menerima SIM yang sudah jadi. Waktu yang dibutuhkan paling lama biasanya sekitar satu jam, tergantung panjang antriannya ya sob.. jadi harap bersabar.

Begitulah  proses memperpanjang SIM motor secara online… bagaimana mudah bukan?  Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba!



0 comments:

Post a Comment