Monday, March 18, 2019

Beberapa Faktor Kampas Rem Sering Cepat Habis

kampas-rem

Biker jadoel.com -Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pengereman pada kendaraan bermotor merupakan salah satu perangkat yang penting. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti total. Setiap pemilik motor haruslah  mampu dan jeli memperhatikan bagaimana cara klerja system pengereman pada motor miliknya  terutama pada kondisi kampas remnya.

Banyak sekali pengendara yang mengeluh kampas rem motornya cepat habis.  Tentu saja hal ini terjadi oleh beberapa faktor. Nah kali ini biker jadoel akan membahasnya lengkap mengapa dan apa penyebab kampas rem bisa cepat habis.

Ketebalan rem baru tidak sama dengan rem lama
Saat membeli kampas rem yang baru ketebalannya bisa berbeda dengan yang lama. Misalnya saja, kampas rem motor bebek lebih tebal dibanding kampas rem motor matic baru. Yang dulunya  kampas rem mempunyai ketebalan 7 mm dan  sekarang hanya 5,5 mm saja.

Kondisi Jalan
Kondisi jalan yang sering kita lalui juga sangat berpengaruh terhadap awet tidak nya kampas rem yang kita gunakan, apabila kondisi jalan ramai dan semakin padat sehingga membuat pengendara motor sering menarik tuas rem. Selain itu kondisi jalanan yang menurun juga membuat kampas rem semakin cepat habis.

Kapasitas Mesin
Semakin besar mesin dan ukurannya, beban pengereman juga semakin besar. Tentunya motor dengan mesin yang lebih besar akan berdampak semakin boros kampas remnya. Jadi tidak heran apabila sekarang ini banyak produsen yang memproduksi motor berkapasitas mesin yang lebih besar dan akhirnya berdampak semakin boros kampas rem yang dipakai.

Gaya Berkendara
Disadari atau tidak jika kita sering memacu motor kita saat sedang berkendara akan berdampak kampas rem cepat habis. hal ini dikarenakan apabila kita memacu motor dengan cepat dan melakukan pengereman mendadak akan membuat gesekan rem dan piringan cakram bekerja lebih keras. Selain kecepatan, muatan juga memiliki pengaruh ysng besar terhadap usia pakai rem. Beban yang semakin berat tentunya akan rem bekerja lebih berat pula.


Setelah memahi kondisi diatas maka sebaiknya kita sebagai pengendara harus selalu ,mengecek kondisi rem dan komponen lainnya biar bagaimananapun keselamatan adalah yang utama.  Kita tahu bahwa setiap komponen motor mempunyai usia pakai yang berbeda-beda, tetapi kita juga perlu mengantisipasi jika ada komponen yang perlu diganti  sebaiknya kita ganti. Menghemat kampas rem bisa kita lakukan akan tetapi bukan berarti kita harus menanggung risiko keselamatan.

0 comments:

Post a Comment