Friday, February 8, 2019

Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya




Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya  - Sudah hal yang umum apabila dalam menggunakan motor kita dalam sehari-hari, kita seringkali menemukan beberapa kendala. Apalagi kalo kendaraan yang kita pakai  sudah cukup tua umurnya atau sering orang bilang motor jadoel/butut..Entah itu masalah yang berat ataupun masalah yang sepele yang sebenarnya sangat mudah dan simple dalam mengatasinya. Salah satunya adalah motor brebet saat digunakan.

Terkadang kita  merasa cemas saat sedang berkendara dan motor tiba-tiba brebet ditengah perjalanan. Tentu hal pertama yang terbesit dalam benak kita “ waduh mogok ni motor”… nah selanjutnya yang terlintas dalam pikiran kita tentunya mencari bengkel terdekat. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana jika hal itu terjadi ketika kita berada jauh dari pemukiman warga dan tidak ada bengkel?
Nah berikut adalah beberapa penyebab motor brebet dan solusinya…yang perlu sobat biker ketahui:

Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya


  • Cek keadaan busi motor anda


Hal yang paling umum yang menyebabkan motor  mengalami brebet dan tersendat-sendat adalah busi yang tidak bagus atau kotor. Busi mempunyai peran sangat penting dalam pembakaran BBM di ruang bakar. Karena saat motor digunakan busi memercikan api maka akan timbul kerak bekas percikan api.  Sebaiknya sobat coba bersihkan dahulu dan jika masih ada masalah ganti saja busi dengan yang baru.  Jika busi sudah terlalu lama/ uzur maka nyala api menjadi kecil dan bahan bakar tidak dapat terbakar dengan sempurna.

Apabila berkendara selalu bawa busi cadangan ya sob…
Dan jika melakukan penggantian Busi lebih baik pilihlah busi dengan tipe yang lebih dingin, jika businya tipe NGK7 diganti yang angkanya 8 atau 9 (NGK8 atau NGK9) hal ini karena busi dingin lebih tahan.

  • Filter Udara


Yang kedua  yang menjadi penyebab motor brebet berikutnya adalah filter udara tidak jauh berbeda dengan busi, filter udara juga perlu dibersihkan dan diganti secara berkala. Filter udara berfungsi untuk menyaring menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar tidak bercampur dengan debu atau partikel partikel kotoran lainnya. Jika filter udara sudah terlalu kotor tentu akan menghambat aliran udara yang nantinya masuk ke ruang bakar sehingga proses pembakarannya pun menjadi tidak sempurna karena kekurangan oksigen.  Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan tidak stabil akibatnya  motor menjadi brebet bahkan mesin bias tiba-tiba mati

Filter udara yang kotor disebabkan karena lingkungan yang berdebu dan usia pemakaian yang lama. Untuk mengantisipasinya sebaiknya sobat sering cek filter udara. Lakukan pengecekan setiap kali servis atau bias sebulan sekali akan lebih baik. Apabila filter udara yang sobat pakai jenis basah, lakukan penggantian. Jika berjenis kering, maka sobat hanya perlu menbersihkan saja lalu gunakan kembali.


   

  •       Cek Karburator


Karburator yang kotor juga dapat mengakibatkan motor menjadi brebet. Karena peranan karburator sangat penting, yaitu berfungsi sebagai pengatur banyak sedikitnya asupan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar, untuk itu sebaiknya sobat bersihkan karburator secara berkala dan bersihkan juga spuyer menjet maupun pilotjetnya barangkali ada lubang-lubangnya yang  tertutup kotoran.

  •       Fuel Pump macet


Fuel Pump berfungsi untuk memompa BBM dari tanki ke ruang bahan bakar, jika fuel pump pada sepeda motor sobat mampet karena tersumbat sudah tentu alirannya tidak lancar atau bahkan bisa tidak mengalir sama sekali.
Jika  fuel pump tersebut bermasalah tekanan bensin bisa ketinggian bisa juga terlalu rendah, kedua hal inilah yang dapat menyebabkan mesin motor brebet, cek juga kekencangan pada fuel pumpnya.
Komponen ini  akan lebih awet apabila didalamnya bersih / bagus tidak ada kotoran, untuk itu sobat sebaiknya memang harus melakukan pembersihan secara berkala.

  •      Tanki bahan bakar kotor


Tanki BBM yang kotor juga bisa menjadi penyebab motor brebet. Untuk mengatasinya tentu saja sobat biker harus menguras tanki motor sobat secara rutin untuk mengeluarkan kotoran yang mengendap di dalam tanki.

  •      Gunakan Bahan Bakar Yang Bagus


Bahan bakar yang tidak bagus juga bisa menjadi penyebab mampetnya fuel pump dan menumpuknya kerak / kotoran pada tanki BBM sehingga bisa menghambat kinerja mesin. Usahakan sobat memilih bahan bakar yang lebih bersih seperti Pertamax.

  • Periksa Coil


Yang terakhir yang musti sobat cek ketika motor brebet adalah sistem pengapiannya seperti CDI atau ECU.  Cek juga pada bagian coil dan kop busi. Mungkin kabel coilnya lepas karena kurang kencang pemasangannya, kop busi yang sudah robek juga bisa menjadi sumber masalah motor mogok karena rentan kemasukan air saat dicuci ataupun terkena hujan.

Apabila semua masalah tersebut tidak dapat sobat atasi, sebaiknya  segera sobat bawa motor ke bengkel resmi, bisanya para teknisi bengkel akan langsung mengecek dan memperbaiki semua komponen yang bermasalah pada motor sobat.


Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya semoga dengan artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat biker  semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

1 comment:

  1. Mungkin yang sering saya alami karena telat service, akibatnya motor gk enak dipakai,, setelah dicek cuma karburatornya aja yang kotor

    ReplyDelete