Thursday, November 15, 2018

Cara Mengecek Kondisi Aki Tanpa Alat Tambahan


Cara Mengecek Kondisi Aki Tanpa Alat Tambahan - Pada motor dengan sistem injeksi, kondisi aki harus selalu benar-benar prima karena berhubungan dengan hampir seluruh komponen di motor.
Pada umumnya untuk mengetahui kondisi aki secara akurat, pengguna biasanya menggunakan multimeter atau memasang indikator voltmeter tambahan.

Selain menggunakan alat alat tersebut sebenarnya ada cara lain untuk mengetahui performa kondis aki motor anda, terutama jika kondisi aki sudah mulai menurun. Lalu bagaimana caranya?
Caranya cukup mudah sobat bikers nyalakan motor dan perhatikan dengan seksama suara atau putaran mesin saat idle. Apabila  performa aki sudah mulai menurun cirinya adalah motor seperti berdenyut atau naik turun gasnya. Jika dalam kondisi normal, idle motor injeksi biasanya akan stabil di rpm yang sudah diset oleh pabrikan.

Sedangkan untuk motor yang mempunyai fitur takometer, bisa juga dengan memperhatikan dari indikator putaran mesin yang ditampilkan.
Jika performa aki suda menurun dapat mengakibatkan kondisi arus listrik yang tidak stabil dan hal ini dapat berefek pada masa pakai komponen kelistrikannya, seperti umur pakai lampu menjadi lebih pendek dari yang semestinya.

Gejala motor yang susah dinyalakan ketika aki dalam kondisi lemah, hal ini saat ini tidak selalu bisa dijadikan patokan. Seperti pada motor skutik dengan ACG/SMG starter atau model start halus ini tidak terlalu berpengaruh dengan kondisi aki. Hal ii disebabkan karena proses start mesinnya tidak lagi membutuh arus listrik besar. 

Sehingga  pengguna menjadi kurang waspada terhadap kondisi aki motornya karena tidak ada gangguan saat motor dinyalakan.

Nah kalau gejala tersebut muncul di motor sobat bikers, sebaiknya segeralah cek kondisi aki atau segera ganti akinya jika memang diperlukan.


Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat bagi sobat bikers semua..

4 comments: