Wednesday, November 14, 2018

Cara Agar Body Motor Tetap Mengkilap dan Kinclong



Bikerjadoel.com – Menjaga penampilan sepeda motor agar tetap kinclong pastinya menjadi dambaan bagi semua bikers. Pastinya sobat bikers akan lebih PeDe saat mengendarai motor dengan body yang bersih, serta nampak masih kinclong, bandingkan saja ketika sobat mengendarai motor yang memiliki cat pada bodynya sudah tampak pudar. Pastinya ada rasa tidak nyaman dan kurag PeDe.

Memang ada beberapa faktor yang dapat membuat motor menjadi lebih kotor, dan yang paling umum adalah karena terkena debu serta cipratan genangan air hujan pada jalan. Apalagi ketika berada pada jalanan yang berlumpur.

Selain membuat body motor jadi kotor masih ada dampak lainnya. Air genangan hujan tersebut mengandung zat asam yang menjadi salah satu faktor membuat body motor semakin luntur dan tampak kusam. Karena itulah, kecerahan warna body motor bisa berkurang seiring dengan bertambahnya pemakaian motor.

Terlepas dari hal – hal tersebut diatas masih ada beberapa factor yang juga bisa mempengaruhi ketajaman warna cat pada motor sobat, diantaranya adalah sinar matahari langsung, yah al ini disebabkan karena sinar matahari mengandung sinar UV (Ultra Violet). Namun pengaruhnya tidak cepat terlihat tetapi pemudaran warna cat motor akan jelas terlihat ketika motor sudah berusia diatas satu tahun.

Motor sering dicuci menggunakan detergent. Niat hati ingin mencuci motor dengan tujuan agar bodynya bersih, tetapi jika sobat memakai sabun detergent seperti sabun pencuci pakaian maka hal itu bisa mengangkat pigmen warna pada cat motor sehingga cat motor bisa menjadi kusam.

Sering terkena air hujan,  seperti yang dijelaskan diatas air hujan  mengandung zat asam. Karena saat air ini jatuh dari atmosfer maka ia akan mengikat zat CO hasil pembakaran mesin. Dan akibatnya jika terkena body motor, zat yang bersifat asam ini tentu saja bisa merusak cat.

Dan kondisi inilah yang paling sering kita temukan di keseharian kita, Apabila intensitas hujannya redah dan hanya gerimis saja kebanyakan dari para pengendara memilih untuk melanjutkan perjalannya daripada berteduh.

Untuk mengatasi masalah diatas, sobat bikers dapat melakukan empat tips mudah berikut ini untuk meminimalkan pemudaran / Peredupan cat motor.

Cara Membuat Body Motor Tetap Kinclong

 Memarkir motor di tempat yang teduh.



Biasakan untuk memarkir motor sobat ditempat yang teduh. Meskipun terkesan sepele, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya sinar UV dari matahari dapat merusak warna dari cat motor dalam waktu lama. Meskipun tidak terlihat efeknya secara cepat, tetapi akan terasa dikemudian hari. Sobat bisa memarkir motor dibawah atap bangunan atau dibawah pohon asalkan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan pula sobat berpatokan pada waktu parkir, meski hanya sebentar sobat juga harus berfikir panjang. Karena apabila cat motor sudah redup dan kusam, mau dicuci dengan metode apapun tidak akan bisa mengkilap/ kinclong.

 Bilas Motor dengan air bersih setelah kehujanan


Hujan memang seringkali tidak bisa diprediksi, apalagi ketika gerimis tidak mungkin kita akan berteduh, malah akan menghabiskan waktu. Solusinya adalah sobat tetap bisa menerjang hujan ini tetapi setelah sampai tujuan, biasakan untuk membilas body motor dengan menggunakan air bersih.

Tujuannya adalah untuk melepaskan partikel zat asam yang terkandung pada air hujan itu. Jangan tunggu sampai kering langsung bilas saja. Apabila kita menunggunya hingga kering maka hanya airnya yang hilang tapi zat asam yang terkandung akan tertempel pada body motor.

Untuk membilasnya juga juga sangat simple kok sobat tak perlu repot. Cukup siapkan satu ember air bersih dan sebuah lap kanebo untuk mengeringkannya.
Caranya basahi dulu kanebo lalu usapkan ke seluruh permukaan body. Jangan lupa untuk memeras lap kanebo di area luar agar zat asam yang terkandung bisa terlepas bersama air. Lakukan langkah ini hingga body motor kering.

Langkah ini dilakukan apabila kondisinya tidak memungkinkan, dalam artian jika sobat sudah begitu letih setelah beraktifitas ataupun sobat sedang buru-buru karena ada aktifitas lainnya yang perlu dilakukan. Namun apabila sobat memiliki waktu luang sebaiknya sobat mencuci motor menggunakan shampo khusus karena akan membilas seluruh permukaan motor secara merata.

Cuci motor dengan shampoo khusus secara berkala


Saat ini sudah banyak ditoko-toko kita temui shampoo khusus untuk mencuci motor harganyapun terbilang murah. Nah sobat bisa membelinya dengan merk apapun yang penting bukan shampoo rambut atau detergent lainnya, ini  karena body motor berbeda dengan pakaian ya brow.. he..he.

Karena kalau pakaian yang terbuat dari kain, maka kotoran cenderung menempel sehingga butuh detergent dengan daya bilas yang cukup baik. Sementara untuk body motor yang memiliki struktur halus hanya membutuhkan detergent yang berdaya lemah saja untuk membilas kotoran tersebut. Jika kita memakai detergent untuk pakaian berdaya kuat maka yang terjadi adalah catpun akan ikut terbilas.

Lalu bagaimana caranya ?

Yang pertama siapkan dulu dua buah ember air bersih untuk membasahi motor sobat.
Lalu guyur semua permukaan pada  body motor sobat hingga seluruh permukaannya basah dengan air. Pada tahap ini, kita belum memakai shampoo hanya mengguyurnya agar permukaan body motor basah.

Untuk kebutuhan air yang dipakai tergantung seberapa kotoran yang menempel pada motor sobat, apabila kondisinya tidak terlalu kotor maka cukup menggunakan satu ember saja. Tetapi, apabila terdapat banyak tanah yang menempel pada sela-sela bagian motor misalnya pada motor matic maka sobat perlu lebih banyak air untuk pembasahan awal ini.

Kemudian setelah membasahi semua body motor, lalu siapkan lagi air dalam emberjangan terlalu banyak sekitar 25 - 30 % saja sudah cukup, tuangkan shampoo khusus untuk mencuci motor secukupnya kedalam air tersebut dan aduk hingga berbusa. Celupkan busa atau kain yang lembut kemudian gosokkan kepermukaan body motor sobat

Goosokkan secara pelan dan halus jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan dapat menggores dan merusak cat, gosok dua sampai tiga kali pengulangan.
Jika dirasa sudah rata, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Setelah itu keringkan dengan mengelap body motor sobat menggunakan kanebo dan parker ditempat yang teduh, jangan mengeringkan dibawah terik matahari..
Saat air pada body motor sudah kering sobat dapat memolesnya dengan cairan pengkilap motor.

Lakukan hal ini secara berkala atau ketika dirasa motor sudah terlalu kotor, apalagi motor sering dipakai paling tidak 3 hari sekali motor harus dicuci.

Lapisi body motor sobat dengan scotlite

Untuk pencegahan sobat bisa juga menggunakan stikcer scotlite, cara ini sangatlah efektif. Sobat juga dapat memilih warna kesukaan sobat, bisa warna solid atau jika ingin motif asli motor terlihat sobat dapat memilih yang transparan. Selain untuk melindungi body motor terkena efek buruk dari luar, penggunaan scotlite juga dapat mempercantik motor sobat sehingga penampilannya jadi lebih oke.

Hanya saja untuk pemasangan scotlite ini memerlukan teknik dan keahlian khusus. Jika sobat memiliki peralatannya seperti hairdryer, sobat dapat memasangnya sendiri. Tetapi jika ingin yang lebih praktis dan tidak beresiko sobat bisa meminta ke penjual scotlite untuk memasangnya.

Sekian artikel lengkap tentang cara membuat body motor tetap kinclong. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang otomotif kita.

5 comments:

  1. iya betul yang penting mah dari kitanya dulu yah mas.

    ReplyDelete
  2. Exsdee Harus pinter pinter ngerawatnya

    ReplyDelete
  3. Harus pinter pinter ngerawatnya

    ReplyDelete
  4. Makasih sarannya sob,saya akan coba lebih rajin merawat motor saya

    ReplyDelete
  5. Nah gan kalo bagian stang motor ane udh pada kusam nih alias pudar, mau dicuci bagaimanapun masih kusam gan.. Ada ga alat buat menghitamkan kembali ?

    ReplyDelete