Thursday, November 8, 2018

5 Langkah Mudah Agar Jago Mengendarai Motor Kopling



Bikerjadoel.com – Bagi sebagian biker pemula mengendarai motor manual tidaklah semudah menjalankan motor moped yang hanya  mengganti gigi atau motor matik yang hanya sekedar memainkan gas dan rem saja. Karena pada motor manual terdapat sebuah tuas kopling yang berfungsi untuk meneruskan serta memutus tenaga dari mesin ke bagian komponen penggerak, selain itu kopling juga berguna supaya  perpindahan gigi menjadi  lebih halus. 

Pada dasarnya berkendara menggunakan motor manual tidak jauh berbeda dengan mengemudikan motor moped maupun matik, akan tetapi orang yang mahir menggunakan kedua jenis motor tersebut belum tentu bisa lancar dan lincah dalam mengendarai motor manual.

Sebenarnya daliam mengemudikan motor manual, handling dan keseimbangan sama saja dengan matik, letak perbedaannya adalah pada pengoperasian transmisi saja. Itulah mengapa seseorang yang mahir dalam berkendara dengan matik saja tidak mumpuni dan bisa langsung mulus mengendarai motor manual, karena mereka pada umumnya perlu untuk membiasakannya terlebih dahulu

Baca Juga : Hindari Kebiasaan Ini Saat Mengendarai Motor Manual / Kopling.
                    Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Pengendara Motor Matik Saat Pengereman

Berdasarkan sharing pengalaman dari beberapa bikers, minimal ada 5 langkah yang perlu diperhatikan bikers pemula agar berkendara dengan  motor manual bisa lebih lancer. Berikut ini kami sajikan ulasannya sebagai berikut:

  • Pelajari dan kenali karakter mesin, tenaga dan torsi motor



Hal pertama yang wajib dipelajari pengedara motor manual adalah karakter mesin motor yang hendak dikendarai. Terutama adalah kenali dulu besaran tenaga dan torsinya, sebab jika kita tidak paham salah-salah ketika melepas kopling bisa membuat motor menghentak. Selain itu dengan kita mengetahui torsi mesin motor, kita dapat mengoptimalkan perpindahan gigi secara lebih halus. Dan untuk karakter kopling atau transmisi tidaklah  begitu bermasalah karena kita bisa menyesuaikan dengan kebiasaannya setelah berkendara beberapa kali.

  • Biasakan melepas kopling secara halus



Setelah memahami karakter mesin dan torsi motor, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah melatih untuk melepas kopling tanpa harus menambah throttle/ gas. Caranya adalah dengan melepaskan tuas kopling secara pelan pelan, bertahap dan halus. Hal  ini dimaksudkan untuk membiasakan dan merasakan momentum gerak motor.   .

  • Menambah throttle/ gas secara bertahap



Ketika merasa momentum gerak sudah dipahami dan saat roda mulai bergerak, langkah selanjutnya mulailah mencoba untuk menambah kecepatan dengan menambah throttle atau gas secara halus dan bertahap. Janganlah menambah gas secara spontan sebab hal ini hanya  akan membuat motor menghenta-hentak. 

  • Biasakan perpindahan gigi pada torsi maksimum



Ketika mengetahui torsi mesin maka perpindahan transmisi gigi secara halus dapat kita lakukan, sehingga kita tidak harus melulu berpindah gigi pada putaran mesin tinggi, selain boros bahan bakar hal tersebut juga dapat memperpendek komponen motor. Jadi pada intinya kita harus membiasakan perpindahan gigi pada putaran mesin yang rendah tetapi pada tingkat torsi maksimum.

  •  Lakukan perlambatan laju motor menggunakan engine brake dan rem



Dan yang terakhir yang wajib bikers ketahui dan selalu ingat adalah untuk memperlambat laju motor menggunakan rem depan dan belakang juga engine brake  pada kecepatan rendah serta pada putaran mesin rendah, jangan meremas tuas kopling, tuas kopling hanya digunakan ketika putaran mesin rendah atau pada saat mesin motor mau mati saja.


Itulah 5 Langkah Mudah  Agar Jago Mengendarai Motor Kopling semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat bikers semua. Dan jika ada pertanyaan silahkan mampir ke kolom komentar..
Terima kasih

2 comments:

  1. Nah kebiasaan saya tuh kalo ngerem mijit kopling heheh

    ReplyDelete
  2. Wow keren bang blognya, salam otomotif 😄

    ReplyDelete