Friday, October 5, 2018

Tips Perawatan Sepeda Motor 4 Tak Terbaik Saat Ini


Tips Perawatan SepedaMotor 4 Tak Terbaik Saat Ini! Tahukah Anda dalam hal berkendara itu bukan hanya menggunakan atau bisa mengemudikan kendaraan, tetapi juga harus tahu bagaimana cara merawat sepeda motor kita. Mengapa demikian? itu juga demi kelayakan, Keamanan, dan kenyamanan Anda sendiri dalam hal berkendara.




Perawatan Sepeda Motor 4 Tak sangatlah mudah dan cukup sederhana. Dalam kesempatan kali ini saya Akan membagikan tips bagaiman cara merawat sepeda motor 4-tak yang baik dan tepat. Untuk para bikers yang ingin selalu tampil prima, ada beberapa jenis perawatan rutin yang dapat kita terapkan sendiri di rumah. Selain dengan rutin menabung, juga tidak harus sering-sering mampir ke bengkel.

Berikut ini merupakan cara terbaik perawatan rutin sepeda motor yang bisa Anda lakukan:

Periksa Oli Mesin
Berbeda dengan tipe motor 2-tak, mesin motor 4-tak membutuhkan perawatan pada oli mesin yang lebih ekstra. Ini karena hampir semua komponen mesin di penuhi dengan oli. Kurangnya konsistensi dalam volume terutama pada bagian mesin, dapat menyebabkan kehausan atau kekeringan pada beberapa bagian mesin. Viskositas dan volume minyak dapat kita lakukan pengecekan dengan membuka tutup oli mesin dan melihat indikator pada bagian tutup mesinya. Ganti oli mesin jika jarak tempuh maksimum mencapai 3000 mil .

Periksa Busi
Pemeriksaan Busi sebelum berkendara sangatlah penting untuk mesin. Komponen inilah yang akan memicu pengapian pada mesin. Perhatikan warna kepala busi, bersihkan dengan amplas halus jika sudah warna kecokelatan atau berkarat. Jika masih layak pakai, bisa digunakan kembali. Jika ada lengket minyak, segera bersihkan busi dengan kain kering. Ketika busi sudah mencapai 12 ribu mil gantilah busi dengan yang baru.

Periksa Pengaturan Rantai dan Gears
Ketika Anda memeriksa rantai jangan sampai rantai dibiarkan tetap longgar atau terlalu ketat, jadi perbaiki hingga dalam keadaan standart. Tetapi jika rantai dalam keadaan kering, cukup Anda olesi dengan minyak khusus rantai. Biasanya, setiap rantai sepeda motor harus diganti ketika sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu mil.

Nah, jangan lupa juga anda untuk memeriksa kondisi persneling. Jika sudah terlihat tajam atau cepat, segeralah ubah karena ketika saat itu rantai akan bisa tiba-tiba lepas atau putus. Tapi jika kita menggunakan seperti jenis motor Matic Yamaha Mio atau Honda Vario yang menggunakan V-Belt, rantai bisa tidak diatur dan harus diganti setiap 25 ribu mil.

Periksa Kondisi Aki
Baterai atau akumulator juga ada terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kering dan basah. Motor yang dibuat pada tahun dua ribu ke atas, umumnya telah menggunakan jenis baterai kering yang tidak memerlukan perawatan khusus. Tapi setiap tiga tahun sekali juga harus diganti.
Sementara motor yang menggunakan baterai basah, periksa air baterai setiap 10 ribu mil. Saat baterai kering air langsung terisi. Ciri-ciri yang basah kondisi baterai adalah sudah lemah Starter motor tidak kuat. Anda tidak perlu memaksakan motor untuk menyala dengan cara didorong, karena itu akan dapat merusak transmisi gigi.

Bagaimana Perawatan Sepeda Motor 4 Tak yang Tepat?

Gunakanlah Suku Cadang Asli
Memang beberapa bagian sedikit lebih mahal. Namun, lebih tahan lama dan kualitasnya lebih terjamin dibandingkan yang palsu. Selain beberapa hal di atas, penting juga untuk selalu memeriksa tekanan pada ban. Ban yang terlalu keras atau angin yang kurang akan bisa mengakibatkan ban menjadi cepat rusak. Jika pemeriksaan rutin dan pemeliharaan yang baik, dijamin mesin sepeda motor akan bagus.

Anda akan membayar lebih untuk mengganti piston dengan ukuran lebih besar. Kita harus ingat terhadap mekanisme 4 stroke mesin sepeda motor, Oli mesin sangat kuat berperan penting terhadap mesin, Kepadatan atau viskositas, minyak semakin encer hingga pelumas semakin kurang. Jadi, jangan terlambat ganti oli mesin.

Untuk Perawatan Sepeda Motor 4-Tak ketika ring piston sudah mulai rusak, segeralah menganti ring piston untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Dengan begitu akan bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,.

Baca Juga : Merawat Sepeda Motor Agar Selalu Prima dan Awet

0 comments:

Post a Comment