Monday, October 8, 2018

Tips Jitu Perawatan pada Baterai atau Aki Sepeda Motor



Tips Jitu Perawatanpada Baterai atau Aki Sepeda Motor,  merupakan hal yang sederhana. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tips dan trik untuk perawatan aki sepeda motor. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk Anda.



Apakah Anda tahu Baterai atau Aki Sepeda Motor itu apa? Baterai atau aki yang juga disebut accu adalah sebuah sel listrik yang di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel  dengan efisiensinya yang tinggi.

Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel adalah di dalam baterai berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik, dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia atau pengisian kembali dengan cara regenerasi pada elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah yang berlawanan di dalam sel.

Baterai asam adalah sumber pasokan energi yang penting untuk mesin dan komponen yang berada pada motor. Jika Anda ingin menggunakan baterai yang tahan lama atau lebih awet, Anda perlu tahu cara merawat dan memeliharanya dalam beberapa hal berikut ini:
  • Periksalah dan Bersihkan Baterai
  •  Periksa bagian eksternal aki apakah sudah mulai rusak, retak, cacat atau tidak.
  •  Lalu periksa katup yang berada di sisi baterai, sudah tertutup rapat atau tidak.
  •  Selanjutnya, periksa jumlah cairan dalam baterai sudah cukup atau belum. 
  •  Kemudian periksa terminal baterai, konektor, kawat, atau bersihkan bagian yang berkarat dan teroksidasi.
  • Jangan gunakan deterjen yang tidak diizinkan untuk membersihkan baterai. Anda hanya harus menggunakan lap kain basah atau kering, bensin dapat digunakan untuk membersihkan kotoran pada baterai.
  •  Letakkan baterai di tempat yang kering dan bersuhu rendah. 
  • Sebaiknya jangan pegang benda logam saat perawatan baterai.

Mengisi Daya Baterai

Sistem pengisian daya memiliki pengaruh besar terhadap masa pakai baterai, jadi Anda harus menggunakan pengisi daya standar dan kualitas tinggi.
  • Isi daya baterai dengan benar. Arus listrik yang digunakan untuk mengisi daya tidak boleh melebihi 10% dari arus yang ditunjukkan pada baterai.
  • Isi daya baterai segera setelah digunakan, untuk mengkompensasi jumlah daya yang dikonsumsi dan digunakan.
  •  Waktu pengisian cukup. Jika Anda mengisi daya terlalu lama, baterai mudah panas dan rusak. Waktu yang diizinkan adalah dari 1 hingga 1,5 jam setelah baterai penuh. Anda harus menggunakan pengisi daya otomatis untuk memastikan keamanan,

Selama proses pengisian, Anda harus meletakkan baterai di tempat yang dingin, suhu harus selalu di bawah 450C.

Bagaimana Cara Memperbaiki Baterai atau Aki Sepeda Motor?


Periksa dan Tambahkan Air Suling pada Baterai
Periksa dan isi ulang air suling untuk baterai setelah baterai habis. Ini harus dilakukan secara berkala. Sebaiknya tidak menambahkan asam karena keasaman baterai sudah menjadi standar pabrikan.
Tambahkan air suling setelah mengisi sekitar 2 hingga 3 jam dan sebelum digunakan, pastikan ukuran air suling sudah mencapai ukuran pengisian. Gunakan hanya air suling, air lain tidak diperbolehkan untuk pengganti airsuling pada baterai, karena air yang mengandung kotoran dengan mudah mengurangi masa pakai dan merusak baterai.
Penggunaan Baterai
  • Baterai harus diganti jika kerusakan sudah mencapai kira-kira 75-80% dari kapasitas fungsi baterai.
  • Baterai tidak boleh digunakan di tempat yang memiliki suhu terlalu tinggi, seperti bersebelahan dengan sumber panas atau sumber listrik.
  • Gunakan baterai saat baterai terisi penuh.
  • Gunakan kabel dari Baterai atau Aki Sepeda Motor Anda ke beban sesuai dengan standar.
Demikianlah Cara Perawatan pada Aki Sepeda motor, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat bikers semua..



0 comments:

Post a Comment