Thursday, September 27, 2018

Pengenalan Singkat Tentang Mesin Sepeda Motor


Pengenalan Singkat Tentang Mesin Sepeda Motor! Hari ini saya akan membahas secara singkat tentang mesin sepeda motor. Artikel ini dapat memberikan informasi mengenai mesin sepda motor secara singkat kepada Anda.




Mesin Sepeda Motor sama seperti mesin mobil. Di sini akan dibahas tentang empat mesin stroke, karena bagian ini merupakan bagian terpenting dalam kera mesin. Internal Combustion Engines (ICE), dan mesin Spark Ignition (SI). Terdiri dari beberapa bagian yaitu: Piston, Cylinder Block, Cylinder Head, Batang Penghubung, Crankshaft, Crankcase, Rocker Arm, Camshaft, Plug dan Valve.
Dari empat stroke tersebut dapat dengan mudah diasumsikan bahwa bagian ini bekerja dalam empat langkah ;
Intake
Di dalam langkah ini katup inlet akan membuka piston dan bergerak ke bawah, memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang pembakaran.

Seperti Apa Mesin Sepeda Motor?

Kompresi
Katup inlet yang menutup akan membuat ruang udara menjadi kencang. Kemudian piston bergerak ke atas mengompres campuran bahan bakar dan udara 1/3 dari ukuran awal.
Hal ini dikarenakan mesin pada sepeda motor hanya memiliki silinder tunggal dengan aliran udaranya terpusat atau tidak tebagi kearah yang lain sehingga bentuk intake manifold yang dibutuhkan untuk kendaraan sepeda motor juga lebih sederhana sesuai dengan fungsinya.

Pembakaran
Campuran bahan bakar dan udara akan terkompresi saat dinyalakan dalam keadaan kedua katup tertutup.

Exhaust
Dari awal mesin dinyalakan akan melepaskan gas buang dengan membuka katup buang pada knalpot. Ketika piston bergerak ke atas dan ke bawah, bagian ini akan memutar poros engkol, yang mengubah energi dari piston menjadi gerakan berputar. Gaya rotasi poros engkol tersebut akan ditransmisikan melalui transmisi ke roda belakang sepeda motor.

SILINDER
Mesin sepeda motor umumnya bisa memiliki antara satu dan enam silinder. Silinder tersebut berbentuk Paralel V-twin. Bernama V-twin karena dua piston yang berlawanan menyerupai huruf V. Sudut yang berbentuk V mempunyai maksud dan fungsi tersendiri, yaitu dengan disain huruf V akan mengurangi getaran saat pembakaran dalam mesin.
V-twin hanyalah salah satu cara untuk mengakomodasi dua silinder. Mesin paralel memiliki piston yang ditempatkan berdampingan dalam posisi tegak, di mana piston yang berlawanan di disain berdampingan  untuk member efek putaran yang kompeten.
Saat ini, desain yang paling populer adalah empat silinder, hal ini dapat menambah gerakan lebih lancar dengan kecepatan lebih tinggi per menit (rpm) dari piston kembar yang sebanding. Empat silinder dapat ditempatkan dalam satu baris, atau bagian ini dapat diatur dalam konfigurasi bentuk V, dengan dua silinder di setiap sisi V.

KAPASITAS
Ukuran ruang bakar dalam mesin sepeda motor secara langsung berkaitan dengan output dayanya. Batas atas sekitar 1500 kubik sentimeter (cc), sementara batas bawah sekitar 50 cc. Mesin dengan CC yang lebih tinggi menghasilkan tenaga yang lebih besar tetapi memiliki jarak tempuh yang lebih pendek perliter dari pada dengan bahan bakar dimana CC mesin lebih rendah menghasilkan tenaga yang lebih sedikit tetapi jarak tempuh lebih jauh.
Setelah membaca artikel terbaru ini Anda pasti sudah tahu seperti apa cara kerja Mesin Sepeda Motor, tentunya sedikit banyaknya anda pasti sudah memahami mesin sepeda motor. Semoga dari artikel singkat tentang cara kerja Mesin Sepeda Motor ini akan member pengetahuan dan wawasa baru bagi Anda.

0 comments:

Post a Comment