Sunday, September 16, 2018

Merawat Sepeda Motor Agar Selalu Prima dan Awet




Merawat Sepeda Motor -  Sepeda motor merupakan kendaraan yang praktis dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada saat ini. Ya karena kendaraan yang satu ini merupakan moda angkutan yang sangat multifungsi dapat digunakan mulai berangkat kerja, kesekolah, kuliah, untuk berkendara pulang kampung ( mudik) bahkan untuk mengangkut barang barang.

Bisa dibilang sepeda motor di Indonesia terbilang paling banyak jika dibandingkan dengan Negara Negara lain, Hal ini dipicu karena selain harganya lebih murah daripada mobil mesin motor saat ini telah banyak mengalami kemajuan dan teknologi. Sehingga tidak mengherankan jika  penjualan sepeda motor saat ini melonjak tinggi.

Didaerah tertentu sepeda motor juga bisa digunakan untuk angkutan  masal pengganti mobil penumpang, hal ini dikarenakan medan tidak mendukung untuk kendaraan roda 4 maka sepeda motor menjadi alternative sebagai  angkutan masal..he..he..

Akan tetapi terlepas dari itu semua, terkadang orang lalai dengan perawatan sepeda motor miliknya, entah karena malas atau terlalu sibuk bekerja. Padahal perawatan sepeda motor ini sangatlah penting bagi pengendara agar nyaman dan aman dalam memakai kendaraannya terebut.
Nah kali ini kami akan menyajikan beberapa tips perawatan sepeda motor agar selalu tampil prima dan awet  simak ulasan berikut

  • Lakukan Pemanasan Mesin
Biasanya hal ini dilakukan pada waktu pagi hari sebelum motor dipakai, hal ini dikarenakan saat mesin tidak digunakan selama 7 atau 8 jam olie mesin akan turun ke dasar bak oli. Untuk itulah perlu pemanasan mesin agar oli tersebut dapat mengaliri bagian bagian atau celah celah dalam mesin yang perlu dilumasi.

  • Pemakaian Yang Wajar
Dalam menggunaka sepeda motor janganlah  melakukan tarikan gas secara spontan, dan menggeber sepeda motor anda, hal ini dapat memperpendek umur kopling, katub bahan bakar piston dan klep serta rantai pada mesin akan cepat mengalami keausan.

  • Lakukan penggantian Oli setiap 2 bulan sekali
Biasanya penggantian oli  dilakukan setiap 2000KM  atau  idealnya setiap2 bluan sekali. Jangan melakukan penggantian oli setelah melebihi batas Kilometer  yang dianjurkan karena bisa berakibat tidak baik bagi motor anda. Gunakan oli standar  SNI sesuai dengan tipe motor anda.
Selain sebagi pelumas oli juga berfungsi sebagai pendingin motor anda. Jadi lakukan hal ini secara rutin agar motor anda selalu dalamkeadaan prima.

  • Cek Kondisi Aki Motor
Lakukan juga pengecekan kondisi  aki motor anda, jika anda menggunakan aki basah selalu cek air aki  tambahkan air aki jika air telah berada pada batas bawah yang ditentukan, dan jaga  juga kebersihan aki dari kerak  putih karena dapat menggangu kelistrikan pada motor anda, sepertimotor tidak bias distarter

  • Lakukan servise secara rutin setiap jarak tempuh 5000 Km
Untuk menjaga agar kondisi sepeda motor anda tetap prima lakukan servise berkala di bengkel yang terpercaya setap 5000 Km

  • Jaga kebersihan Motor Anda
Menjaga kebersihan bukan cuman sehat untuk manusia, sepeda motor juga perlu dijaga kebersihan nya, cucilah motor setiap motor kelihatan kotor  apalagi di saat musim hujan. Air hujan sangat tidak baik untuk motor anda karena bisa mengakibatkan rangka motor berkarat dan akan mudah keropos nantinya. Mencuci sepeda motor dapat melindungi agar kotoran dan debu tidak masuk kedalam mesin dan menyumbat system pembuangan pada motor
Selain itu  sepeda motor yang terlihat bersih dan kinclong akan menambah PeDe pemakainya walaupun sepeda motor jadul  jika dijaga kebersihannya akan terlihat lebih keren…


Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Ban Tube Type


Semoga dengan menerapkan  tips diatas bias menjadikan motor sobat  selalu dalam kondisi prima dan awet. Sekian tips dari biker jadoel semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat biker semua..

9 comments:

  1. Replies
    1. tentu saja berpengaruh mbak vivi tetapi juga harus disesuaikan dengan spesifikasi motornya juga

      Delete
  2. mantap gan.... suka banget sama yang retro....

    semangat selalu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung mas Eko Bp

      Delete
  3. Informasi yang sangat bermanfaat gan,
    nice share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung kang santri

      Delete
  4. Jadi tau ni ni merawat motor yang benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ats kunjungannya mas Ibnu

      Delete
  5. mantab kak, sangat membantu artikelnya. sukses selalu!

    ReplyDelete