Wednesday, September 19, 2018

Binggung Pilih BBM buat Motor Pertamax atau Pertalite ?



BIKERJADOEL.COM – Terkadang kita sebagai biker bertanya tanya apakah bahan bakar yang kita pakai sudah sesuai dengan motor kita belum? Mau pakai PERTAMAX atau PERTALITE.
Nah bagi sobat biker yang masih binggung ketika memilih bahan bakar yang cocok untuk motor kesayangan sobat ada baiknya simak ulasan berikut ini.

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan mengecek  rasio kompresi pada motor sobat. Nah dengan mengetahui rasio kompresi ini, maka sobat akan mengetahui formula bahan bakar apa yang sesuai dengan motor sobat.
Untuk pedoman rasio kompresi sendiri telah ditentukan dengan rumus sebagai berikut :

Jika  rasio kompresinya  antara 10 – 11 maka dipakai  RON 92 PERTAMAX
Jika rasio kompresinya antara 9 – 10  pakai RON 90 PERTALITE
Jika rasio kompresinya dibawah 9 maka pakai RON 88 PREMIUM

Sedangkan untuk rasio kompresi anatara 11- 13 pakai RON 98 PERTAMAX TURBO dan rasio kompresi diatas 13 pakai PERTAMAX RACING.

Yang dimaksud RON (Reerch Octan Number) disini adalah OKTAN dan yang perlu diperhatikan bahwa bensin yang nilai OKTANnya rendah akan lebih mudah terbakar dan sebaliknya besin dengan nilai OKTAN tinggi tidak akan susah terbakar.

Lalu bagaimana jika motor dengan kompresi tinggi diisi BBM dengan oktan yang lebih rendah atau sebaliknya?

Ketika motor dengan nilai rasio kompresi tinggi menggunakan BBM dengan OKTAN yang rendah, maka bensin akan cepat terbakar terlebih dahulu sebelum dipatik oleh busi  dan ini akan menimbulkan ledakan pada piston,indikasinya mesin motor akan terkena knocking atau ngelitik  Jika dibiarkan maka akan merusak piston motor sobat dan motorpun akan semakin boros BBM

Sebaliknya apabila motor dengan nilai rasio kompresi rendah menggunaka BBM dengan OKTAN yang tinggi  maka akan mengakibatkan motor sobat jadi Loyo kurang tenaga serta boros BBM, selain itu mesin juga akan menjadi lebih panas. Karena BBM tidak akan terbakar dengan sempurna

Nah sebaiknya sobat biker kenali dulu spesifikasi motor sobat sebelum memutuskan untuk menggunakan BBM yang mana. Demi kesehatan dan mendapatkan performa yang maksimal motor sobat..

Baca Juga : 
Merawat Sepeda Motor Agar Motor Selalu Prima dan Awet
Modifikasi Yamaha Vixion Murah dan Keren Abis 

4 comments:

  1. Pilih lah pertamax ,mungkin awalnya terlihat mahal tapi efek untuk mesin dalam jangka panjang akan lebih terasa.

    ReplyDelete
  2. informasi yang membantu, setelah membaca dan mengenali karakteristik motor saya,kini motor saya jauh lebih irit BBM.

    ReplyDelete
  3. Ha..ha.. komennya artikel bagus gan.. sangat bermanfaat... 🤣

    ReplyDelete
  4. Terimakasih, artikelnya sangat membatu gan...

    ReplyDelete