Friday, July 20, 2018

Tips Servis Filter Udara Motor, Penting Mas Bro!

 Mas Bro sekalian, filter udara motor memiliki peranan penting untuk kesehatan motor jangka panjang. Dengan filter udara ini, maka kotoran akan tersaring sebelum masuk ke area mesin.


 Perlu mas bro ketahui, proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin, tidak cuma mengandalkan bensin. Tetapi, sebelum masuk ruang bakar, dalam hal ini mesin, bensin dan udara membaur menjadi semacam kabut, barulah bensin masuk ke ruang bakar. Di situlah karburator berperan dalam mencampur udara dan gas (jika menggunakan karburator), sementara jika sudah FI (injeksi), pencampuran udara dan bensin terjadi di dalam intake.

 Lalu dimana peran filter udara?
 Nah, karena udara akan masuk ruang bakar, maka supaya udara bersih disanalah filter berperan. Ketika filter tidak berperan dengan optimal, bisa dipastikan dalam jangka waktu lama, performa motor akan terganggu. Lebih parah lagi, jika banyak debu yang masuk ke mesin, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponennya. Biasanya, kerusakan pada katup mudah terjadi.

Baca Juga: 7 Penyebab motor injeksimu mogok

 Beranjak dari hal itu, maka setiap produsen sepeda motor menganjurkan untuk senantiasa membersihkan filter udara. Nah umumnya, dan idealnya, sebaiknya filter udara dibersihkan sebulan sekali. Dan anjurannya, sebaiknya filter udara diganti setiap 22.000km sekali.

 Nah sobat, perlu diketahui juga, saat ini banyak beredar filter udara berjenis basah. Jika sebelumnya (motor jadul) filter udaranya kering, saat ini filter berjenis basah jadi lebih populer, karena dianggap efektif menyaring debu dan kotoran. Salah satu motor yang menggunakan filter udara ini adalah skutik seperti honda beat FI, vario, dan sebagainya.
tipe basah

tipe kering


 Perawatannya pun sedikit berbeda nih. Jika servis filter jenis kering bisa dengan angin bertekanan (kompressor), untuk tipe basah jadi tidak dianjurkan nih. Sebab, pelumas yang ada di dalam filter bisa hilang. Maka, khusus untuk filter udara basah, cukup dengan mengebaskannya saja (anjuran).

  Itulah tips servis filter udara, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan ban tubeless

1 comment:

  1. Bagus jg niih... sangat membantu bagi yang mau iseng2 nyervis sendiri :D

    ReplyDelete