Tuesday, July 3, 2018

Jangan Remehkan Benda Bulat Dikedua Ujung Stang Motor (Jalu Stang), Ini Fungsinya

 Meski banyak berkutat dibidang otomotif terutama motor, belum tentu kita tahu semua apa fungsi dari berbagai komponen pada sepeda motor. Salah satunya, benda sederhana yang terdapat pada ujung stang, atau biasa disebut jalu stang motor.

 Ternyata, keberadaannya bukan semata-mata sebagai pelengkap, atau sekedar hiasan. Namun, ada fungsi bermanfaat dari kompnen tersebut.

 Melansir dari otoasia.com, jalu stang memiliki setidaknya 2 fungsi utama. Fungsi pertamanya adalah sebagai peredam getaran, yang disebabkan oleh mesin motor sehingga mengurangi getaran terutama pada handling atau stang. Fungsi keduanya, adalah sebagai pemberat atau penyeimbang yang disesuaikan dengan bobot motor. Makanya, besar atau kecilnya jalu stang itu berbeda-beda. Bahkan ada yang bukan terbuat dari besi lho sobat.

 Nah, dari kedua fungsi diatas, sudah jelas keberadaanya amat diperlukan. Jadi, coba sobat fikir lagi jika ngin melepasnya karena merasa terganggu dengan keberadaannya. Atau, fikir lagi jika ingin menggantinya dengan part aftermarket ya sobat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Apa sih fungsi hanguard yang sebenarnya?

4 comments:

  1. Informasi yg bermanfaat pak.
    Thanks

    Mampir ke lapak ya ��
    www.albicelluler.com

    ReplyDelete
  2. Informasi nya bermanfaat pak.thanks

    www.albicelluler.com

    ReplyDelete
  3. Baru mau saya ganti, punya motor saya, ga jadi setelah baca artikel ini, mksh infonya, maen ke prapramukajitu. Yu

    ReplyDelete