Sunday, July 22, 2018

Honda Spacy Disuntik Mati, Bagaiman Dengan Sparepart nya?

 Honda Spacy merupakan skuter matic (skutik) entry level milik honda yang mulai mengaspal 2011 silam. Kala itu, honda spacy hadir menemani skutik entry level lainnya, seperti honda beat, dan vario.


 Dibekali mesin 110cc SOHC berpendingin udara, motor matic ini memiliki purwarupa berbeda dari skutik lain, yakni bodynya yang agak sedikit berisi. Namun, justru itulah yang membedakannya dibanding honda beat dan vario 110cc. Untuk urusan segmen atau pasar, bidikannya adalah pengguna di area perkotaan.

 Memiliki ground cleareance yang tidak terlalu luas dan tinggi, jok lebar dan handle yang nyaman adalah beberapa kelebihannya.

 2 varian yang sempat dekeluarkan honda yakni spacy versi karburator, yang lahir pada awal kemunculannya sekitar 2011 dan 2012, hingga pada akhirnya dibenamkan sistem pembakaran lebih canggih yakni Fuel Injection (FI). Pada varian FI ini, Selain dapat dengan efektif menekan konsumsi bahan bakar, performa pun tetap terjaga.

 Namun sayang, karena penjualnnya yang menurun, membuat produsen berlogo sayap, honda harus menghentikan prduksinya sekitar bulan april 2018, alias di suntik mati. Artinya, tidak akan ada lagi spacy baru yang dijual maupun diperkenalkan.
Baca Juga: 2 Skutik murah dibawah 15 jutaan yang dibekali socket charger untuk smartphone

 Namun yang jadi masalah, bagaimana dengan sparepartnya, mengingat skutik garapan honda ini lumayan banyak penggunanya?
 Dalam hal ini, honda melalui AHM sebagai agen tunggal honda indonesia menjamin ketersediannya dalam jangka waktu 7 tahun ke depan. Jadi, tidak perlu takut akan kehilangan komponen pengganti.

 Pertanyaan selanjutnaya, setelah 7 tahun ke depan, apakah honda spacy tidak bisa diperbaiki lagi?

 Menurut pendapat admin sih, jangan takut kehilangan komponen pengganti. Coba saja lihat motor-motor yang lebih lama dari spacy, buktinya masih banyak yang berkeliaran dan awet hingga sekarang. Mengapa?

Sebab, Pertama masih banyak alternatif buat mencari komponen pengganti. Salah satu contohnya, komponen lokal alias KW. Kalau marketnya ada, dalam hal ini pengguna spacy, kenapa tidak mereka menyediakan sparepart buat skutik bongsor ini? Mengingat pengguna honda yang satu ini tidaklah sedikit.

 Kedua, beberapa bagian spacy, ternyata sama persis dengan honda beat mas bro. Mulai dari mesin, pengapian, dan banyak lagi, kecuali rangka dan cover body. Coba lihat, honda beat masih menjadi skutik paling dicari dimuka bumi (indonesia maksudnya,,wkk). Motor ini menjadi motor terlaris sepanjang beberapa tahun terakhir dengan penjualan jauh meninggalkan kompetitor. Artinya, komponen motor ini akan tetap tersedia sampai bertahun-tahun ke depan, menurut penerawangan mbah BJ nih,,hhe. Jadi, komponen honda beat bisa jadi alternatif nantinya ya mas bro.

 Ketiga, jangan ragukan para teknisi atau mekanik indonesia mas bro. Mereka paling jago yang namanya jurus "Ngakalin", lha tromol motor aja bisa dijejali kaleng, korter buring aja bisa pake bambu, orang jepang geleng-geleng kepala tuh kalo liat!!! hehe,,,

 Nah, intinya, pasti selalu ada jalan buat mencari alternatif pengganti komponen spacy jika sudah habis masa produksinya. Siapa tahu, beberapa tahun ke depan, motor ini dibangkitkan lagi dari "kubur" sama si mbahnya honda. Semoga!!!!

Baca Juga: All new honda PCX 150, Review dan Spesifikasi 2018

0 comments:

Post a Comment