Monday, June 25, 2018

Ternyata Harley Davidson Pernah Punya Skuter Matic, Ini Motornya

 Siapa yang tidak mengenal produsen motor asal amerika serikat Harley Davidson. Pasalnya, beberapa produk motor gede (moge)nya memiliki banyak pengguna di berbagai penjuru dunia.
 Namun, siapa sangka jika pabrikan dari negeri paman sam ini pernah menciptakan motor bergenre sekuter laiknya skutik dan vespa masa kini?

 Motor tersebut dinamai topper, sebuah skutik berdesain khas zaman dulu (jadul). Dibekali mesin 2 tak 165cc, motor ini cukup mumpuni di zamannya. Sebab, transmisinya sudah otomatis laiknya CVT pada mesin skutik saat ini. Berbeda dengan vespa yang menyematkan transmisi manual pada masa tersebut.
Baca Juga: Ngeri Juga! Yamaha bikin motor roda 3, ini speknya

 Yang menarik, konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit. Harley Davidson sendiri mengklaim, motor topper tersebut mampu menempuh jarak 52,5km per 1 liter bensin. Tentu saja hal ini terbilang sangat irit, apalagi untuk ukuran motor bermesin 2 langkah.


 Beralih kepada fitur, untuk pengeremannya, konon masih serupa dengan vespa. Terutama rem belakang yang dilengkapi tuas injak dan diletakan pada dek depannya. Sedangkan rem depan berada di tangan. Untuk tipe rem, kedua rodanya masih menggunakan tromol.

 Namun sayang, kemunculannya di tahun 1960an melansir dari beberapa sumber, kabarnya produksinya cuma sebentar. Sebab, kala itu skuter bermesin honda mendominasi pasar amerika serikat. Hingga membuat produsen tuan rumah harus kembali fokus pada produk mogenya.


 Keren kan, topper 165 dua tak ini? Bagaimana menurutmu?
Baca Juga: Yuk intip kemolekan honda astrea grand versi malaysia ini

0 comments:

Post a Comment