Wednesday, May 2, 2018

Fitur Motor jadul Ini Sangat Berguna, Sekarang Sudah Hilang

 Teknologi sepeda motor memang sudah semakin maju dan berkembang. Tidak sedikit dari beragam fitur lamanya telah ditiadakan dan digantikan dengan fitur baru yang dianggap lebih baik dan efisien. Tentu hal tersebut bisa dibilang wajar, mengingat selain karena dianggap model jaman dulu (jadul), juga mungkin dapat dianggap mampu menekan biaya produksinya.
 Seperti pada beberapa fitur motor di bawah ini, yang lekat dengan motor-motor di bawah tahun 2010an.

Kunci ganda (kunci garpu)
 Kunci ini terdapat pada motor honda supra series. Teletak dibagian tabung shock depan, terdiri dari garpu pengunci dan dudukan. Dimana garpu dimasukan dari samping yang berlawanan dengan dudukannya. Jika dipasang, garpu ini akan mengikat shock dan roda depan motor.
Hasil gambar untuk kunci ganda supra fit
gambar via:setia1heri.com

Saklar lampu
 Sejak tahun 2009, saklar lampu telah dihilangkan karena ada peraturan dari undang-undang LLAJ yang mengharuskan pengenda motor selalu menyalakan lampu depannya ketika berkendara. Alasannya, lampu yang menyala akan memberi sinyal kepada pengendara lain, agar angka kecelakaan dapat di tekan.
Hasil gambar untuk saklar lampu depan
via:tegeanblog.com
Gembok pengaman
 Nah, pada beberapa motor lama, pada standar tengah dilengkapi dengan 2 lubang, satu lubang di rangka dan satunya lagi terletak pada standar. Jika standar tengah digunakan, maka kedua lubang akan sejajar. Nah disinilah gembok diletakan dengan tujuan untuk pengamanan motor kala parkir.
Hasil gambar untuk gembok pengaman standar tengah motor
via:TMCblog.com

Keteng case (tutup rantai)
 Masih ingatkah anda dengan motor honda grand? Pada motor tersebut rantai rodanya dilindungi oleh tutup rantai yang berbahan alumunium/seng. Tututp tersebut terlihat rapat dan menutupi semua bagian rantai motornya.
Hasil gambar untuk tutup rantai grand
via:mobildanmotorbekas.blogspot.com

Kerangka bagasi depan
 Untuk fitur ini mungkin sekarang juga masih banyak yang pakai, terutama motor bebek. yang unik dari fitur yang populer sekitar tahun 2005 ini adalah adanya pengait yang sangat bermanfaat untuk menyimpan buku atau dokumen.

Hasil gambar untuk kerangka bagasi depan grand
Sumber:mobilmotorlama.com
Tuas choke
 Mulai tahun 2010an ke atas, choke dibuat otomatis, sementara untuk tahun dibawahnya choke dilengkapi tuas yang harus digunakan secara manual. Untuk sistem karburator, bagian ini sangat berguna kala menghidupkan motor dalam kondisi mesin dingin.
Hasil gambar untuk fitur-fitur motor yang sudah hilang
via:kaskus.co.id

 Itulah beberapa fitur motor yang kini sudah hilang.
Baca juga: Blok Silinder Original (Boring) Honda Grand Mahal Dan Langka? Ini Alternatifnya


0 comments:

Post a Comment