Sunday, May 6, 2018

Cara Membaca/Hitung Kedipan Lampu Mil Pada Motor Injeksi

 Lampu mil merupakan lampu yang terletak pada dasbor speedometer motor dengan sistem injeksi, yang umumnya berwarna kuning atau orange. Lampu ini berfungsi untuk memberikan sinyal kepada pengguna bahwa motor injeksi anda dalam keadaan baik atau bermasalah.
 Mil (malfuntion indicator lamp) terintegrasi dengan ECM/ECU (elektronik control module/unit). Setiap kali kunci motor mode on, ECU mendiagnosa atau memeriksa setiap bagian motornya yang terhubung dengan ECU tersebut. Jika semua bagian dalam keadaan baik, maka lampu mil yang menyala ketika kunci di putar ke mode on langsung mati (tanpa diikuti kedipan) artinya seluruh komponennya bagus. Sebaliknya, jika setelah lampu mil mati diikuti dengan kedipan maka artinya ECU memberitahukan ke pengguna bahwa salah satu atau beberapa bagian motornya mengalami masalah.

Hasil gambar untuk lampu mil motor injeksi
lampu mil, via:limpung.com

Kedipan pada lampu mil
 Kedipan lampu mil terdiri dari 2 kedipan, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Kedipan panjang berlangsung selama kurang lebih 1-5 detik, sedangkan kedipan pendek berlangsung selama kurang dari 1 detik.
 Untuk kedipan panjang dibaca 10 sedangkan kedipan pendek dihitung 1. Maksudnya setiap kali lampu mil menyala dengan kedipan panjang berarti 10x kedipan pendek atau=10. Sedangkan jika kedipannya pendek berarti dihitung 1 saja.
 Contoh, lampu mil menyala 2x kedipan panjang dan 1 kali kedipan pendek. Maka 2x10+1=21, berarti kode kedipannya 21.

Arti kedipan
 Kedipan terjadi jika ecu menemukan kerusakan, yang tentunya dari kode/total kedipannya. Setiap bagian memiliki kode kedipan tertentu tergantung dari jenis motor dan pabrikannya. Yang perlu diketahui juga, umumnya kode (total jumlah kedipan) tidak berurutan (misalnnya dari 1-100), melainkan hanya beberapa angka tertentu saja misalnya 1,7,21,52 dan sebagainya.
 Artinya, jika anda sudah menemukan kode kedipan dari lampu mil, tentu anda harus mencari tahu bagian mana yang di kodekan lampu mil tersebut pada motor anda. Yaitu dengan mencari info lebih lanjut tentang kode kedipan berdasarkan merk, dan jenis motor anda tersebut.
Baca juga: Penyebab motor injeksi mogok dan cara atasinya

Langkah-langkah membaca kode kedipan

  1.  Putar kunci kontak ke mode on
  2. Perhatikan lampu mil akan menyala sejenak kemudian mati
  3. (Jika ada kerusakan) Lampu mil akan menyala lagi dengan kedipan pendek atau panjang
  4. Hitung setiap kedipan bila perlu catat, berapa kali total kedipan panjang dan pendeknya
  5. Jumlahkan hasil hitung, maka di dapatlah kode kedipan tersebut
Kerusakan-kerusakan yang umum terjadi
 Setiap kedipan yang menandakan kerusakan tertentu harus segera diatasi. Penyebab umum terjadinya kerusakan yaitu pada komponen-komponennya atau pada rangkaian komponennya atau bisa juga terjadi pada socket sensornya. Yang jelas anda harus segera memeriksanya sesuai arahan lampu mil. Mulailah memeriksa kerusakan jalur kabel dan rangkainnya serta soket. Setelah semua dalam keadaan baik, barulah menuju komponen inti.

Itulah cara membaca lampu mil motor injeksi semoga bermanfaat.

 Baca Juga:
Kode kedipan honda beat, vario, spacy, supra x 125 dan motor injeksi honda lainnya
Kode kedipan yamaha mio j,mio m3, mio s, mio soul, soul gt

1 comment:

  1. artikel nya bagus bang,, salam kenal... kunjungi blog saya juga www.tentangkopi.com

    ReplyDelete