Friday, May 4, 2018

2 Cara Bikin Ban Motor/Mobil Mengkilap seperti baru, Modal 5000an!

 Ban merupakan komponen penting pada kendaraan, baik motor maupun mobil. Selain berguna sebagai alas roda, ban juga mempengaruhi penampilan motor anda selain dari pada body. Coba fikirkan tentang body motor yang mengkilap, namun warna ban nya nampak kusam. Tentu jadi tidak enak dilihat bukan?
Hasil gambar untuk ban motor mengkilap


 Akibat berkurangnya atau memudarnya warna ban ini disebabkan oleh kandungan berupa karbon hitam yang menyusut. Penyebabnya adalah penyusutan pada permukaan ban itu sendiri. Tidak sedikit loh dari pengguna yang mengganti ban baru demi tampilan hitam pada ban tersebut meskipun usia ban terbilang masih sangat lama. Padahal sebenarnya masih ada semir ban untuk mengembalikan warnanya.
 Nah bicara tentang semir ban memang mudah dicari karena sudah banyak yang jual, harganya mulai dari 25 ribuan. Akan tetapi sebenarnya ada cara yang lebih unik dan hemat untuk membuat ban kendaraan anda nampak hitam lagi seperti baru. Yaitu dengan menggunakan 2 cara berikut ini.

1. Racikan minuman bersoda (fanta) dan sabun cuci piring cair (sunlight)

 Siapa sangka, sebotol fanta dan sunlight yang harga totalnya sekitar 5500an bisa bikin ban mu kilap lagi. Kedua capuran ini sudah saya buktikan sendiri dan hasilnya memang oke. Racikan ini juga banyak digunakan tukang daur ulang ban bekas lho, karena memang lebih efisien dibanding membeli semir ban. 
 Nah, cara menggunakannya juga sangat mudah, yang penting anda siapkan dulu kuas cat, lap kering selain daripada 2 bahan diatas. Ikuti langkah menggunakannya sebagai berikut.
  1. Campur 250ml fanta dengan 1 sendok makan sunlight cair, lalu aduk.
  2. Oleskan pada permukaan ban yang ingin anda semir menggunakan kuas cat/sikat gigi.
  3. Tunggu hingga cairan tersebut mengering bila perlu jemur ban.
  4. Setelah mengering, gunakan lap untuk menggosok ban.

 Lihat hasilnya ban akan berwarna hitam mengkilat seperti baru lagi.

2. Menggunakan campuran lem dan air
 Nah cara kedua lebih murah lagi, yaitu cukup beli lem sepatu atau lem fox saja dengan harga mulai 2500an. Caranya sebagai berikut.
  1. Campur lem dan air secukupnya hingga racikan nampak encer.
  2. Oleskan pada permukaan ban
  3. Tunggu sampai cairan kering
 Maka hasilnya ban akan mengkilap lagi dengan efek metalik (memantulkan cahaya).

 Itulah 2 cara unik untuk membuat semir ban dengan mudah dan murah. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment