Monday, April 23, 2018

RC213V-S, Motor Honda Replika Moto GP Yang Bisa Kamu Geber Di Jalanan

 Otolovers tanah air, pasti tahu dengan motor v4 moto GP honda yang saat ini menjadi tunggangan Marq marques dan dani pedrosa. Ya, moto gp memang menjadi ajang paling bergengsi sejagad saat ini yang mempertemukan para petarung lintasan balap dengan tunggangan kuda besi spesial dari pabrikan motor ternama di dunia. Tentulah rider sejati baru akan puas jika sudah ikut memacu motornya di lintasan moto GP yang dikenal ketat dan penuh drama persaingan.
Hasil gambar untuk honda rc213vs 2018
RC213vs 2018

 Yang paling banyak diketahui saat ini tentulah moto GP mengusung mesin berkubikasi 1000cc, setelah mengalami peningkatan kubikasi karena sebelumnya hanya 500cc dan 850cc. Nah jika dilihat dari kemampuannya, angka 1000 cc terbilang tinggi, namun tentunya dengan berbagai modifikasi dan teknologi yang tersemat, tiap pabrikan punya racikan masing-masing bagaimana membuat motornya bisa lebih cepat lagi. Kabarnya, menurut beberapa sumber, motor yang berlaga di Moto GP mampu terpacu dengan power sebesar 240-250 HP, dengan kecepatan maksimal bisa mencapai 340-350km/jam.
 Tidaklah mudah untuk memacu motor hingga kecepatan tinggi tersebut. Bukan hanya mesin, namun semua perangkat dan komponennya juga harus menunjang. Salah satunya, aerodinamika/lekuk body yang sengaja dibuat bergelombang agar motor mampu beradaptasi dalam rangka membelah angin menuju puncak kecepatannya.
 Saya kira cukup untuk membahas moto GP karena semakin menulis rasanya semakin gamang untuk melanjutkannya, soalnya penulis sendiri hanyalah penggemar sejatinya, juga tidak berpengalaman dalam memacu motor dengan cc diatas 250. HHe
 Nah, sobat sebenarnya moto GP juga punya replika, maksudnya motor yang hampir serupa namun secara sah dan legal dapat mengaspal di jalan raya. Tentunya, motor ini dibekali spek yang luar biasa, juga dengan kocek yang selangit pastinya. Salah satunya adalah pabrikan honda yang memiliki replika moto GP nya bernama Honda RC213 V-S. 
 Tentunya, motor yang akan mengaspal di jalan raya indonesia ini juga disesuaikan tampilannya untuk taat pada aturan lalu lintas yang berlaku. Seperti lampu depan, sein, stoplamp, standar samping, juga starter, dan lainnya. Motor yang kabarnya dijual seharga 7,1 milyar ini (IIMS 2018), memiliki dapur pacu 999cc dengan aerodinamika layaknya moto GP. Berikut spesifikasi motornya.
Gambar terkait
Rc 213 vs

Mesin
 Motor dengan DNA Moto GP ini memiliki 4 silinder DOHC berpendingin cairan. yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 117kw pada 11000 RPM, dan torsi 102nm pada 10.500 RPM.Mesin dipadukan dengan 6 percepatan dengan sistem pengabutan fuel injection (standar).
 Nah, tentunya kemampuan mesin tersebut telah diturunkan dari versi aslinya di moto gp. Sebab, di jalanan memiliki kontur jalan yang beragam tidak seperti dilintasan balap. Untuk versi asli, mesin mampu memuntahkan tenaga hingga 180 Kw (241,3 HP). Angka tersebut menurut lansiran beberapa sumber.

Engine type         liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4
Displacemen  t 1000
Maximum power Over 117 KW 
Maximum torque    102nm

Rangka,dimensi dan kaki-kaki
 Rangka motor ini berbahan alumunium dengan tipe twin tube yang tentunya membuat bobotnya bisa lebih ringan. Pada bagian shock depan menggunakan tipe teleskopik upside down (terbalik) yang akan menambah tampilan agresifnya, sedangkan shock belakang dibekali tipe pro-link. Untuk roda bertipe cast wheel dilengkapi dengan ban ring 17 baik depan maupun belakang. Sedangkan tangki depan memiliki kapasitas 16 liter, yaitu lebih rendah dari versi moto gp yang memiliki kapasitas 22 liter.
 Untuk dimensi, motor ini memiliki tinggi sekitar 2 meter dengan lebar lebih dari setengah meter, juga tinggi 1,1 meter. Bobot motor ini sangat ringan, hanya 157kg saja, yaitu hampir setara dengan CBR250R yang memiliki berat sekitar 156kg.

Frame type               Aluminum twin-tube
Wheels Front (inch)  17
Wheels Rear (inch ) 17
Suspension Front      Telescopic fork ( model terbalik aka upside down )
Suspension Rear      Pro-link
Fuel tank capacity     16 liter
Overall length (mm) 2.052 ( panjang 2,052 meter ) 
Overall width (mm) 645 ( lebar 0,645 meter )
Overall height (mm) 1.110 ( tinggi 1,11 meter )
Wheelbase (mm)      1.435 ( jarak as roda 1,435 meter )
Road clearance        115 ( jarak terendah ke tanah )
Weight (kg)              As per FIM regulations ( 157 KG ) bobot kering
Gambar terkait
via:kompas.com
 Nah, itulah sedikit review tentang honda rc213vs, motor replika honda yang berlaga di moto GP 2018. Kesimpulannya, motor ekslusif ini mengadopsi teknologi dan DNA moto GP dengan spesifikasi mesin yang sedikit diturunkan, juga penambahan beberapa fitur untuk menunjang aturan dan keselamatan berkendara.

0 comments:

Post a Comment