Saturday, April 28, 2018

Cara Merawat Cat Motor Tipe Doff (Matte)

 Saat ini motor dengan cat tipe matte/doff sedang marak dan disukai banyak konsumen. Cat dengan permukaan yang kasar dan berwarna suram ini memang terbukti membuat tampilan motor lebih gahar dan nampak agresif. Terutama jika ditunjang dengan aerodinamika atau lekuk body yang tajam.
Gambar terkait

 Namun salah satu yang menjadi kendala adalah dari segi perawatannya yang susah. Cat jenis ini memang butuh ekstra perawatan yang hati-hati, sebab tidaklah seawet dan setahan cat tipe glossy sekaligus biaya perbaikannya juga lebih mahal dari cat metalik pada umumnya. Apabila memperlakukan cat ini salah, bisa menyebabkan lebih cepat rusak.
 Ada bebebrapa hal yang harus anda perhatikan untuk merawat cat tipe doff ini, adalah sebagai berikut.

Hasil gambar untuk matte motorcycle

Cuci motor menggunakan shampo khusus matte
 Bagi anda yang terbiasa menggunakan shampo motor biasa, atau sabun cuci piring, atau deterjen sekarang untuk tipe matte anda harus ganti. Sabun yang saya sebutkan diatas bisa memberi efek kilap, bahkan merusak, sementara tipe matte tidak butuh kilap melainkan suram. Untuk itu, sebaiknya guanakan sabun khusus mencuci untuk cat tipe ini, contohnya chemical guys, atau meguirar.

Hindari paparan matahari langsung
 Paparan sinar matahari akan semakin membuat warna cat rusak. Apalagi jika terdapat air pada permukaan cat, karena lapisan cat bisa ikut menguap setelah terpapar matahari. uap juga akan meninggalkan bercak putih pada permukaan cat tersebut.

Bilas dan lap setelah kena hujan
 Berbeda dengan air biasa, air hujan memiliki kandungan garam yang tentu saja berakibat buruk pada cat jika dibiarkan mengering. Untuk itu, segera bilas dengan air bersih dan lap hingga kering, juga jangan sampai terpapar sinar matahari sebelum permukaan cat benar-benar kering.

Bersihkan segera kotoran yang menempel
 Kotoran seperti debu yang menempel pada cat tipe doff, semakin lama semakin susah dihilangkan. Apalagi permukaan cat yang kasar, debu bisa masuk ke sela-sela permukaan dalamnya. Untuk itu, gunakan sampo pembersihnya dan segera bilas bagian yang kotor tersebut.

Baca Juga:Blok Silinder Original (Boring) Honda Grand Mahal Dan Langka? Ini Alternatifnya


0 comments:

Post a Comment