Saturday, April 21, 2018

Blok Silinder Original (Boring) Honda Grand Mahal Dan Langka? Ini Alternatifnya

 Honda grand merupakan motor yang diproduksi pada dekade 1990an. Berbekal mesin 4 tak 97cc, dengan desain "bulat" dan pendek khas retro menjadikan motor ini cukup menarik di masanya. Unitnya juga tidak sedikit, ditunjang dengan sparepart yang melimpah membuatnya masih bisa kita temui hingga saat ini.
Hasil gambar untuk honda astrea grand common wikipedia
gambar via:impremedia.net
 Ya, mesinnya memang dikenal bandel dan perawatannya mudah, namun seiring usianya yang sudah hampir menginjak kepala 3, wajar jika beberapa bagian mesinnya aus. Terutama di bagian silinder blok (boring) ini. Oversize piston yang idealnya mentok di 2.0mm, membuatnya ganti blok baru kala terjadi aus lagi pada piston dan liniernya (selongsong/bos). Walaupun sebenarnya sekarang sudah tersedia piston aftermarket dan lokalnya dengan diameter 2,25mm, namun hal tersebut tentu tidak dianjurkan karena bisa berefek panas yang berlebihan. Sebab, ketebalan bos sangat tipis.
 Karena motornya memang sudah jadul/tua, membuat suku cadang khususnya silinder ini sangat langka dan mahal. Harga blok ini mencapai 600-1jutaan lebih. hal tersebut juga belum termasuk biaya lain seperti servis, gasket, dan ongkos bengkel.
 Tapi, kelangkaan dan mahalnya harga boring masih bisa diatasi dengan 2 cara berikut.

1. Overboss/Ganti selongsong (boring/linier)
Hasil gambar untuk overbos honda grand
bos/linier, sumber:bukalapak.com
 Over boss artinya mengganti selongsong/bos liniernya saja sedangkan blok tetap menggunakan blok lama. Besi linier tersebut diganti dengan ukuran lebih besar maka proses tanamnya haruslah di tempat bubut/tanam boring. Nah setelah ditanam boring/linier, barulah blok bisa dikorter ulang. Selain itu, usia boring bisa bertahan lama, karena linier boring jauh lebih tebal. Bahkan, bisa 2-3mm lebih tebal dari boring bawaan honda grand sebelumnya.
 Untuk harganya, sekitar 200 ribuan saja untuk tanam boringnya. Selanjutnya, untuk piston dan korter bisa mencapai 200 ribuan jika pakai original dan jika pakai part KW bisa lebih murah. Dengan cara tersbut, tentu akan jauh lebih mudah dan hemat.
 Kekuragan tanam boring/overboss adalah overheat atau panas berlebihan yang bisa dialami motor. Panas ini bisa terjadi akibat blok yang lebih tipis, karena liner (bos) lebih besar. Selain itu juga bisa diperparah jika kualitas oli buruk atau atau suplai oli ke bagian silinder dan head kurang. Untuk itu, sebaiknya rajin melakukan perawatan.

2. Beli blok silinder lokal
Hasil gambar untuk boring grand
gambar via:inkuiri.com
 Cara kedua ini, lebih praktis lagi, yaitu dengan membeli part lokal/KW. Silinder honda grand lokal tidak susah dicari, dari mulai online store hingga offline store nya. Harga tergantung kualitas dan merek, termasuk kelengkapannya juga. Maksud kelengkapan, biasanya part lokal dijual 1set dengan piston dan perangkat lainnya seperti ring piston dan pen piston. Walaupun demikian, ada juga yang hanya menjual boringnya saja.
 Menurut pengalaman sendiri, harga boring tanpa set piston mulai dari 150 ribuan saja. Sedangkan jika 1 set harganya dikisaran 300-400 ribu. Selain lebih murah, barangnya juga mudah dicari.
 kekurangan silinder lokal adalah pada kualitas yang belum teruji. Namun jika kerja motor tidak berat, boring KW juga bisa bertahan lama. Tentunya juga ditunjang dengan perawatan motornya.

 Nah itulah dua alternatif saat silinder honda grand aus. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment